24 Agustus 2011

Memperbaiki Bad Sector Harddisk

Nah pada postingan kali ini saya akan menuliskan sedikit apa yang saya dapat di Prakerin pada hari hari Selasa lalu, yaitu memperbaiki harddisk yang bad sector. Postingan ini juga sebagai laporan dari tugas yang diberikan. Ingat baca tutorial  dengan benar dan jangan sampai terlewatkan (resiko ditanggung sendiri). Ini dia :

Yang dibutuhkan :
1. Komputer yang pasti (lengkap)
2. CD berisi Hiren 9.9
Langkah-langkah :
  1. Langkah pertama, seperti biasa hidupkan komputer dulu.
  2. Kedua, kita setting boot priority dengan CD-ROM sebagai no.1, simpan. Lalu masukkan CD dan boot dari CD itu. Nah CD yang digunakan itu berisikan Hiren  v9.9.
  3. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan, kita pilih Start Boot from CD untuk menjalankan Hiren tersebut.
  4. Setelah itu, pilih harddisk tools, didalamnya ada beberapa opsi. Kita pilih langsung saja HDD Regenerator 1.61. 
  5. Nanti akan dimunculkan jumlah harddisk yang ada, jumlah sector yang terdapat dalam harddisk tersebut dan tipe dari harddisk yang terpasang di komputer tersebut (harddisk yang bad sector)።
  6. Kemudian press any key to continue (tekan tombol apa saja).
  7. Disana akan ada 3 pilihan, pilih scan dan repair, untuk men-scan harddisk yang bad sector dan memperbaikinya.
  8. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi tunggu saja sampai selesai (jangan diganggu). Dan juga jangan sampai komputer mati sebelum proses selesai, kalau tidak harddisk kita bisa mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi.
  9. Setelah proses selesai, maka akan kembali lagi ke Hiren di awal tadi, setelah itu restart komputer dan boot dari harddisk tadi.
Ow iya, proses ini dapat menghapus semua data di harddisk tersebut, jadi backup dulu file2 penting sebelum terjadi kerusakan pada harddisk kesayangan anda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar